Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Sunday 23 October 2016

MEMBLOKIR WEBSITE DENGAN FITUR ADDRESS LIST PADA MIKROTIK RB 941-2nD

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.......
Disini saya akan berbagi ilmu tentang   :
MEMBLOKIR WEBSITE DENGAN FITUR ADDRESS LIST
PADA MIKROTIK RB 941-2nD


A. PENGERTIAN
Dengan di-releasenya RouterOS versi terbaru yaitu v6.36, sebuah fitur baru ditambahkan pada system. Walaupun RouterOS V6.36 masih dalam versi testing (RC) fitur ini bisa dicoba untuk diimplementasikan. Dengan fitur baru ini kita bisa menambahkan pada Address List dengan nama domanin sebuah website. Pada versi sebelumnya secara default penambahan Address List harus menggunakan IP Address.

Hal ini cukup membantu dalam management koneksi berdasarkan source (asal) maupun destination (tujuan) yang kita daftarkan ada Address List. Terlebih lagi jika management dilakukan untuk koneksi website sehingga kita tidak perlu kesulitan mencari berapa IP Public yang digunakan oleh website tersebut.

B. LATAR BELAKANG 
Sebagai admin kita perlu mengamankan hotspot yang kita buat seperti agar tidak ada client yang menyalahgunakan internet untuk keperluan yang seharusnya,nah maka dari itu ini adalah salah satu solusi untuk mempermudah para admin daripada kita menggunakan flter rules atau web proxy.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya memblokir website dengan address list adalah agar client yang masuk dengan koneksi internet yang saya konfigurasi dapat menggunakan internet dengan positif.

D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya mengkonfigurasi Address list ini kisaran 15 menit.

E. ALAT DAN BAHAN
- Laptop / PC 
- Mikrotik versi 6.36
- Koneksi Internet
- Website yang akan di blokir

F. LANGKAH KERJA
1. Pastikan kita bisa masuk ke mikrotik dengan meremotenya menggunakan winbox.
2. Pilih IP yang akan di Drop, kalau saya disini akan medrop di IP wlan

3. Masuk ke IP>>Firewall
4. Kemudian masuk ke menu Address lists
"Masukkan nama : SocMed
              Address : alamat yang akan di drop disini saya drop facebook
5. Hasilnya kita akan mendapatkan IP secara otomatis
6. Kemudian masuk ke menu Filter Rules>>Add
7. Di menu General
" diisi untuk In.interface dimasukan interface mana yang akan di drop"
8. Seperti ini   :
9. Maka akan muncul pada menu filter rules
10. Pinfah lke bagian atas hasil yang dikonfigurasi tadi. Tujuannya agar cepat berjalan konfigurasinya.

11. Hasilnya saya membuka facebook tidak bisa karena sudah dikonfigurasi di drop.

 G. REFERENSI 
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=200

H. KESIMPULAN 
Kesimpulan saya dalam konfigurasi drop website dengan address lists adalah lebih simpel dan nyaman karena kita hanya memasukan alamat websitenya saja masalah IP dari websitenya sudah mendapat secara otomatis.

SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI........
WASSALAMUALAIKUM WR.WB   

0 komentar:

Post a Comment