Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Thursday 27 October 2016

KONFIGURASI SAMBA FILE SERVER DEBIAN

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.....
Disini saya akan berbagi Ilmu tentang   :
KONFIGURASI SAMBA FILE SERVER 
DEBIAN 

A. PENGERTIAN 
File server  adalah sebuah komputer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama memberikan lokasi untuk akses disk bersama , yaitu penyimpanan bersama file komputer (seperti dokumen, file suara, foto, film, gambar , database, dll) yang bisa diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer yang sama. Server jangka menyoroti peran mesin di client-server skema, di mana klien workstation menggunakan penyimpanan. Sebuah file server tidak dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas komputasi, dan tidak menjalankan program atas nama klien. Hal ini dirancang terutama untuk memungkinkan penyimpanan dan pengambilan data sementara perhitungan dilakukan oleh workstation.
Samba adalah perangkat lunak yang dapat dijalankan pada platform selain Microsoft Windows, misalnya, UNIX, Linux, IBM System 390, OpenVMS, dan sistem operasi lain. Samba menggunakan protokol TCP / IP yang diinstal pada server host. Ketika dikonfigurasi dengan benar, hal itu memungkinkan host untuk berinteraksi dengan klien Microsoft Windows atau server seolah-olah itu adalah file dan print server Windows.

B. LATAR BELAKANG
File samba digunakan untuk memberikan lokasi disk bersama yaitu penyimpanan bersama file komputer (seperti document, file suara, foto,atau penyimpanan database).

C. MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud dan tujuan saya adalah saya adalah saya akan berbagi penyimpanan yang berada didalam server.

D. JANGKA WAKTU 
Jangka waktu saya mengkonfigurasi file samba server kisaran 15 Menit.

E. ALAT DAN BAHAN 
- Laptop / PC
- Server debian
- Koneksi  Internet
F. LANGKAH KERJA 
1. Pastikan kita sudah terhubung dengan Server dengan cara Ping ke IP Address Server yang akan kita konfigurasi samba file server.
2. Kemudian langsung saja kita konfigurasi samba file server, Langkah pertama install terlebih dahulu samba nya dengan perintah "apt-get install samba"
3. Langkah Installasi samba jika ada Pilihan seperti gambar dibawah adalah pilih Y lalu Enter
4. Intsallasi Samba selesai ... 
6. Setelah Installasi selesai kemudian konfigurasi  samba nya dengan perintah "nano /etc/samba/smb.conf"
keterangan : tambahkan tulisan berikut dibagian paling bawah 
[namadomain]

path  = /home/hostname
broseable  = yes
writeable = yes
guest ok = no
public = no
read only =no
security = user
7. Masukan perintah smbpasswd -a smkn1sawit
8. Kemudian periksa pada berkas apakah sudah berhasil dengan memasukan pada pencarian  smb://ip address
9. Hasilnya seperti berikut

G. REFERENSI
ebook konfigurasi dasar debian BLC Telkom
https://wiki.samba.org/index.php/Main_Page

H. KESIMPULAN
Samba File Transfer berfungsi untuk Menghubungkan antara mesin Linux (UNIX) dengan mesin Windows. Sebagai perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh samba software, mulai dari menjembatani sharing file, sharing device, PDC, firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server, proxy dan lain-lain. Fasilitas pengremote seperti telnet dan ssh juga tersedia. Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya aplikasi pengaturan yang tidak lagi hanya berbasis teks, tetapi juga berbasis grafis yaitu swat. Menempatkan masin Linux/UNIX sebagai PDC (Primary Domain Controller) seperti yang dilakukan oleh NT dalam jaringan Wondows.
SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI......
WASSALAMUALAIKUM WR.WB 

1 komentar: