Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Sunday 6 November 2016

MEMBLOKIR WEBSITE BERDASARKAN USER HOTSPOT

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.....
Disini saya akan berbagi Ilmu tentang   :
MEMBLOKIR WEBSITE BERDASARKAN USER HOTSPOT



A. PENGERTIAN 
Firewall adalah perangkat yang berfungsi untuk memeriksa dan menentukan paket data yang dapat keluar atau masuk dari sebuah jaringan. Dengan kemampuan tersebut maka firewall berperan dalam melindungi jaringan dari serangan yang berasal dari jaringan luar (outside network). Firewall mengimplementasikan packet filtering dan dengan demikian menyediakan fungsi keamanan yang digunakan untuk mengelola aliran data ke, dari dan melalui router. Sebagai contoh, firewall difungsikan untuk melindungi jaringan lokal (LAN) dari kemungkinan serangan yang datang dari Internet. Selain untuk melindungi jaringan, firewall juga difungsikan untuk melindungi komputer user atau host (host firewall).

B. LATAR BELAKANG

Latar belakang saya memblokir website dikarenakan pada permasalahan saya adalah pada jaringan sekolah terdapat 2 user profile yang digunakan untuk login hotspot dan saya akan memblokir beberapa konten yang diakses oleh user profile siswa maka dari itu sayan akan memblokir website pada user siswa.

C. MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud dan tujuan saya adalah saya akan memblokir konten yang tidak semestinya diakses oleh siswa karena dapat menyebabkan borosnya bandwith.

D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya mengkonfigurasi memblokir website berdasarkan user hotspot kisaran 20 menit.

E. ALAT DAN BAHAN 
-Laptop / PC
- Mikrotik
- Jaringan Internet

F. ALAT DAN BAHAN 
1. Pastikan kita sudah terhubung ke jaringan Internet dan dapat masuk ke mikrotik dengan software winbox.
2. Masuk ke Menu IP>>Hotspot>>User profiles>>ADD (+)
ketarangan"Pada menu addresh list masukan nama yang akan dibuat pada Firewall Addresh list
 3. Masuk ke menu Firewall>>Addresh list dan masukan nama website yang akan diblokir dengan nama grup sama pada saat kita memasukan nama address list pada user profile hotspot.
4. Kemudian Masuk ke menu Firewall>>filter rules>>ADD(+)
keterangan"pada chain=forward,pada advanced=SocMed,pada action=jump
 5. Masuk ke firewall >>Filter rules>>ADD (+)
keterangan"pada chain=SocMed,pada advanced=SocMed,pada action=drop
6. Hasil dari konfigurasi
 7. Langkah terakhir buat user dengan user profile yang sudah kita konfigurasi drop website tadi.

 G. REFERENSI
http://blog.icom.co.id/index.php/explore/komputer-jaringan/jaringan/124-blokir-atau-izinkan-youtube-berdasarkan-login-user-di-mikrotik-hotspot

H. KESIMPULAN
Pada saat konfigurasi saya mendapatkan kendala pada saat mengetes apakah berhasil apakah tidak karena byte pada difirewall berjalannya agak lama berbeda dari blok menggunakan ip ataupun Mac-address

SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI.....
WASSALAMUALAIKUM WR.WB 

3 komentar: