Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Thursday 13 October 2016

KONFIGURASI WIRELESS REPEATER DI MIKROTIK 941-2nD

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.....
Disini saya akan berbagi Ilmu tenteng   : 
KONFIGURASI WIRELESS REPEATER
DI MIKROTIK 941-2nD

A. PENGERTIAN 
Wireless Repeater adalah Salah satu Fitur terbaru di mikrotik yang berfungsi untuk meneruskan sinyal wireless mikrotik induk atau bisa disebut menembak sinyal wireless mikrotik induk.
B. LATAR BRLAKANG
Latar belakang saya mengkonfigurasi Wirelless Repeater adalah karena sinyal Wirelless saya tidak bisa menjangkau terlalu jauh oleh karena itu saya mengkonfigurasi Wireless Repeater agar sinya wireless induk saya dapat menjangkau jauh.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya mengkonfigurasi Wirelless Repeater adalah karena sinyal Wirelless saya tidak bisa menjangkau terlalu jauh oleh karena itu saya mengkonfigurasi Wireless Repeater agar sinya wireless induk saya dapat menjangkau jauh.
D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya mempelajari dan mengkonfigurasi wireless repeater adalah kisaran 15 menit.
E. ALAT DAN BAHAN
- Laptop / PC
- 2 Mikrotik versi 6.36 atau yang suport wireless-rep
- Kabel UTP
- Koneksi internet
F. LANGKAH KERJA 
1. Topologi yang akan dikonfigurasi Wireless Repeater
2. Pastikan mikrotik induk sudah dikonfigurasi hotspot dan wireless.
3. Konfigurasi Mikrotik repeater dimulai dengan membuat mode wireless menjadi "station bridge" karena mikrotik akan  menangkap sinya wireless dari mikrotik induk.
 4. Kemudian buat Virtual AP untuk membuat SSID wireless repeater dan membuat mikrotik memancarkan sinyal wireless.
5. Ganti mode wireless menjadi "ap bridge" dan masukan SSID wireless repeater
 6. Buat interface Bridge untuk mengabungkan wlan1 dan wlan2
7. Pada port Bridge1 masukan interface wlan1
8. Pada port Bridge2 masukan interface Wlan2

G. REFERENSI
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=184
H. KESIMPULAN
Kesimpulan saya dalam mengkonfigurasi Wireless Repeater ini adalah pastikan bahwa versi mikrotik yang akan kita buat wireless repeater itu sudah mendukung untuk wireless repeater karena tidak semua versi mikrotik mendukung untuk wireless repeater.

SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI.......
WASSALAMUALAIKUM WR.WB

0 komentar:

Post a Comment