Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Friday 21 October 2016

INSTALLASI UBUNTU SERVER 14.04 PADA PROXMOX

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.....

Disini saya akan berbagi ilmu tentang   :
INSTALLASI UBUNTU SERVER 14.04 
PADA PROXMOX


A. PENGERTIAN 
Ubuntu Server adalah sistem operasi dari linux yaitu ubuntu yang diinstall pada PC server dan dijadikan servernya. Pada server dapat diinstall selain ubuntu misalnya debian,centos,atau windows
B. LATAR BELAKANG 
Latar belakang saya menginstall ubuntu pada server adalah  karena saya ingin menginstall mail server yang dapat di install di ubuntu.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya menginstall dan mengkonfigurasi ubuntu server pada proxmox adalah karena saya ingin menginstall mail server.
D. JANGKA WAKTU 
Jangka waktu sayan menginstall dan mengkonfigurasi ubuntu server pada proxmox adalah kisaran 1 jam.
E. ALAT DAN BAHAN
- Laptop / PC
- File ISO ubuntu yang sudah di Upload pada proxmox
- PC server yang sudah terinstall proxmox
- koneksi internet
F. LANGKAH KERJA 
1. Pastikan PC Server sudah terinstall proxmox dan sudah dapat terhubung ke internet. 
2. Remote proxmox menggunakan broswer dengan menuliska alamat IP address proxmox dan port proxmox ke URL. contohnya https://192.168.20.3:8006
3. Kemudian pilih create VM yang berada di pojok atas kanan
4. Jika sudah selesai membuat VM maka langsung klik console
5. Klik console pada bagian pojo kanan atas
6. Maka anda akan masuk ke bagian instalasi OS Ubuntu dan pilih bahasa English
7. Pilh install Ubuntu Server
8. Pilih English
9. Untuk pemilihan location maka kita pilih tempat kita berada karena saya berada di Indonesia maka saya memilih other karena belum ada pilihan Insonesia
10.  Selanjutnya saya memilih Asia karena Indonesia berada di Asia
11. Kemudian saya memilih Indonesia
12. Pilih United states
13. Pada saat keyboard kita pilih no
14. pada saat configure keyboard plih Elnglis(US)
15. Kita pilih English ( US)
16. Tunggu Proses instalasi loading system
17. Selanjutnya kita konfigurasi Network pilih Continue
18. Pilih configure network manually karena kita menggunakan koneksi secara manual bukan dengan DHCP
19. Karena saya tadi memilih configure network manually maka saya diminta memasukan IP address
20. Kemudian saya diminta memasukan Gateway dari network yang saya masukan.
21. kemudian name debian address saya disini memasukan gateway dari network saya.
22. Kemudian saya diminta memasukan hostname dari ubuntu server saya disini saya memasukan hostname dengan nama debian
23. Kemudian domain name pada saat memasukan domain pastikan memasuka domain yang sesuai aturan resmi.
24. Username for account digunakan pada saat login dan untuk remote SSH
25. Memasukan password debian server


26. Selanjutnya pembuatan partisi untuk Linux disini saya membuat dengan secara otomatis LVM
27. Pilih hardisk yang mau dibuat partisi untuk ubuntu.
28. pilih yes
29. Gunakan semua harddisk
30. pilih yes
31. Disini saya memilih tidak mengupdate secara otomatis
32. Disini saya menginstall security secara Otomatis
32. Pilih pada bagian OpenSSH Server
33. Install Grub Boot Loader pilih yes
34. Instalasi selesai pilih continue
35. Sistem Operasi Debian akan merestart secara otomatis
36. Masuk ke debian server dan instalasi selesai
G. REFERENSI
https://en.wikipedia.org/wiki/Ubuntu_(operating_system)
H. KESIMPULAN
Kesimpulan saya dalam menginstall ubuntu server adalah pada saat memasukan domain name server karena kebanyakan orang pada saat memasukan domain name server tidak sesuai dengan aturan internasional. Dan saran adalah jika menginstall debian sudah selesai maka langsung remote menggunakan terminal saja.

SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH 
SEMANGAT PAGI.....
ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    

0 komentar:

Post a Comment