Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Thursday 27 October 2016

KONFIGURASI NTP SERVER DI DEBIAN SERVER

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.....
Disini saya akan berbagi ilmu tentang   :
KONFIGURASI NTP SERVER 
DI DEBIAN SERVER 


A. PENGERTIAN 
NTP Server adalah kepanjangan dari Network Time Protokol, sebuah protokol untuk meng sinkronkan sistem waktu pada komputer terhadap sumber yang akurat melalui jaringan intranet atau internet.
sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang meng sinkronkan waktunya terhadap sumber waktu akurat dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.

B. LATAR BELAKANG 
Latar belakang saya mengkonfigurasi NTP Server adalah karena saya ingin men-sinkronkan sistem waktu dari server saya ke waktu dari komputer client.

C. MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud dan tujuan saya mengkonfigurasi NTP Server karena saya ingin men-sinkronkan waktu server ke waktu komputer client.

D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya dalam memahami dan mengkonfigurasi NTP Server ini kisaran 10 menit.

E. ALAT DAN BAHAN 
- Laptop / PC
- Server Debian
- Koneksi internet

F. LANGKAH KERJA
1. Pastikan bahwa Server debian kita bisa berhubungan dengan komputer client cara memastikannya adalah dengan tes Ping dari PC client menuju server debian
2. Langsung saja kita menginstall NTP terlebih dahulu caranya :"apt-get install ntp ntpdate."
3. Selanjutnya kita konfigurasi untuk skrip ntp.conf caranya :"nano /etc/ntp.conf" 
4. Disini kita cukup merubah tulisan "debian" dengan tulisan "id" tujuannya adalah untuk mensinkronkan waktu server kita dengan waktu PC Client karena kita berada di Indonesia maka kita Mengunakan "id"

5.Kemudian kita cek apakan sudah berhasil apa belum dengan perintah :ntpq -p"
6. Dan hasilnya seperti ini. Berhasil.....

G. REFERENSI
Ebook buku konfigurasi dasar debian server BLC Telkom

H. KESIMPULAN 
Mengkonfigurasi NTP server ini sangat penting karena Server kita supaya dapat sinkron dengan PC Client.

SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI........
WASSALAMUALAIKUM WR.WB 

 

0 komentar:

Post a Comment