Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Monday 10 October 2016

KONFIGURASI ROUTING RIP


ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI......
Disini saya akan berbagi ilmu tentang   :
KONFIGURASI ROUTING  RIP


A. PENGERTIAN
Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritma Distance-Vector Routing.
B.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya mengkonfigurasi routing Dinamic RIP ini adalah karena saya ingin meroute secara dinamic dengan cara RIP.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
maksud dan tujuan saya mengkonfigurasi RIP adalah karena saya ingin menghubungkan mikrotik dengan mikrotik dengan cara routing RIP.
D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya mengkonfigurasi RIP ini adalah kisaran 20 menit
E. ALAT DAN BAHAN 
- Laptop /  PC
- Mikrotik
- Kabel UTP
- koneksi internet
F. LANGKAH KERJA
1. Masuk ke winbox
2. Masukan IP eth1 harus satu subnet dengan IP yang diberi mikrotik induk dan IP yang menuju ke client
 
3. Masuk ke ROUTING >> RIP dan ADD new interface.
4. Masuk ke RIP setting 
5. Masukan network dengan alamat IP yang menuju pada client
 6. Masuk ke neighbours dengan memasukan gateway yang dikasih dari mikrotik induk
 7. Kemudian lihat pada Routes dan hasilnya seperti dibawah ini
 8. Kemudian setting wired connection dengan IP satu subnet dengan IP yang menuju ke client
9. Ping ke IP client dari mikrotik yang lain 


G. KESIMPULAN 
Kesimpulan saya dalam konfigurasi RIP ini adalah harus konsentrasi dalan memahami memasukan IP ke network maupun ke neightbours.
H. REFERENSI
ebook materi mikrotik MTCNA
https://id.wikipedia.org/wiki/RIP

SEKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN TERIMA KASIH 
SEMANGAT PAGI............
WASSALAMUALAIKUM WR.WB
 






0 komentar:

Post a Comment