Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Friday 26 August 2016

CARA KONFIGURASI ROUTING INFORMATION PROTOCOL


ASSALAMUALAIKUM WR.WB

SEMANGAT PAGI…………………
PADA KESEMPATAN INI SAYA AKAN BERBAGI ILMU TENTANG :

ROUTING INFORMATION PROTOCOL



 

A. PENGERTIAN
Routing information Protocol protokol routing dinamik yang berbasis distance vector. RIP menggunakan protokol UDP pada port 520 untuk mengirimkan informasi routing antar router. RIP menghitung routing terbaik berdasarkan perhitungan HOP. RIP membutuhkan waktu untuk melakukan converge. RIP membutuhkan power CPU yang rendah dan memory yang kecil daripada protokol yang lainnya..
Routing Information Protocol dibagi menjadi 3 yaitu :
  • RIP versi 1 merupakan bagian dari distance vektor yang mencari hop terpendek atau router terbaik,rip versi 1 juga merupakan class pul routing.
  • RIP versi 2 merupakan bagian dari distance vektor yang mencari hop terpendek atau router terbaik,rip versi2 juga merupakan class list routing.
  • RIP versi 3 RIPng (RIP Next Generation)

B. LATAR BELAKANG
routing information protocol ini lahir dikarenakan RIP merupakan bagian utama dari Protokol Routing IGP (Interior Gateway Protocol) yang berfungsi menangani perutean dalam suatu sistem autonomous pada jaringan TCP/IP. Sistem autonomous adalah suatu sistem jaringan internet yang berada dalam satu kendali administrasi dan teknis.

C. TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan utama dari routing protokol adalah untuk membangun dan memperbaiki table routing. Dimana tabel ini berisi jaringan-jaringan dan interface yang berhubungan dengan jaringan tersebut. Router menggunakan protokol routing ini untuk mengatur informasi yang diterima dari router-router lain dan interfacenya masing-masing, sebagaimana yang terjadi di konfigurasi routing secara manual.

D. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • software cisco packet tracer

E. LANGKAH KERJA
1. Buat topology seperti gambar berikut ini :





2. konfigurasi pada router 1

R1(config)#route rip
R1(config)# version 2
R1(config)#network 10.10.10.0
R1(config)#network 172.16.1.0
R1(config)#network 172.16.2.0
R1(config)#network 192.168.1.0
R1(config)#no auto-summary

3. Lakukan verifikasi konfigurasi RIP

router>enable
router#show IP router-router
router#show IP route rip
router#show IP protocols


F. HASIL
mengatur konfigurasi routing information protocol memang tidak rumit tetapi pada saat memasukan IP pada router dan PC kita harus konsentrasi,karena salah memasukan IP maka pada saat kita melakukan PING ke pada PC maka akan FAILED.


G. REFERENSI



SEKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN TERIMA KASIH……
SEMANGAT PAGI…………….
WASSALAMUALAIKUM WR.WB

0 komentar:

Post a Comment