Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Thursday 3 November 2016

MEMBUAT REPOSITORY DEBIAN 8.6

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI....
Disini saya akan berbagi ilmu tentang   :
MEMBUAT REPOSITORY DEBIAN 8.6 


A. PENGERTIAN 
Repository adalah suatu kumpulan dari berbagai macam aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi linux atau ringkasnya adalah suatu paket aplikasi dalam distribusi Linux.
Repository juga dapat diartikan sebagai paket-paket khusus untuk sebuah program sistem operasi yang selanjutnya paket tersebut di install sehingga memperoleh kinerja yang lebih baik dari sebuah sistem operasi.
Fungsi dari repository 
Sebagai penunjang kinerja dari sebuah program, aplikasi dan sebagainya yang di dapat dari Server Mirror, CD/DVD dan media penyimpanan lainnya.

B. LATAR BELAKANG
Latar belakang saya membuat repository debian di server saya adalah karena saya ingin mengetahui bagaimana membuat repository sendiri.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya membuat repository sendiri karena saya ingin mengetahui betapa enaknya jika menggunakan repository sendiri.
D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya membuat repository sendiri kisaran 15 menit
E. ALAT DAN BAHAN 
- Laptop / PC
- Server
- Iso debian 8.6 amd64 disk1 sampai disk3
- Koneksi Internet

F. LANGKAH KERJA
1. Pastikan kita sudah bisa meremote server.
2. Dan pastikan bahwa kita sudah meupload file Iso debian yang akan kita buat repository
3. Lankah pertama install paket dengan perintah
4. Selanjutnya buat beberapa directory seperti dibawah ini
mkdir /repo
mkdir /media dvd1
mkdir /media/dvd2
mkdir /media/dvd3
mkdir -p /repo/pool
mkdir -p /repo/dists/jessie/main/binary-amd64 (bagi yang 32 bit gunakan i386)
mkdir -p /repo/dists/jessie/source
 
5. Selanjutnya Mount setiap DVD Iso debian dengan perintah
#mount -o loop debian-8.6.0-amd64-DVD-1.iso /media/dvd1/
#mount -o loop debian-8.6.0-amd64-DVD-2.iso /media/dvd2/
#mount -o loop debian-8.6.0-amd64-DVD-3.iso /media/dvd3/
6. Selanjutnya rsync semua dvd debian dengan perintah
" rsync -avH /media/dvd1/pool/ /repo/pool "
" rsync -avH /media/dvd2/pool/ /repo/pool "
" rsync -avH /media/dvd3/pool/ /repo/pool "
7. Langkah terakhir adalah mendeteksi dan mendaftarkan seluruh paket dengan perintah 
" dpkg-scanpackages . /dev/null | gzip -9c > Packages.gz"
" dpkg-scanpackages . /dev/null | gzip -9c > Sources.gz"
8. Kemudian cek apakah sudah berhasil apa belum
G. REFERENSI 
https://ajikamaludin.blogspot.co.id/2015/04/membuat-repositori-server-debian-8-dari.html
H. KESIMPULAN
Kesimpulan saya telitilah dalam proses rsync dan mount karena pengalaman saya jika salah maka imbasnya akan gagal dan bacalah tutorial dengan TELITI
SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI.....
WASSALAMUALAIKUM WR.WB

0 komentar:

Post a Comment