Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Monday 5 September 2016

TUTORIAL MENGGANTI TEMPLATE PADA MOODLE

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.........


PADA KESEMPATAN INI SAYA AKAN BERBAGI TENTANG  :

TUTORIAL MENGGANTI TEMPLATE PADA MOODLE



A. PENGERTIAN 
Template moodle adalah gambar atau tampilan dasar yang digunakan pada moodle. Template moodle ini juga berpengaru terhadap tampilan menu dan dashboard moodle.
B. LATAR BELAKANG
 Latar belakang saya mengganti template moodle saya adalah supaya pada tampilan moodle saya menjadi menarik

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya adalah agar setiap orang yang membuka moodle saya menjadi tertarik dan meniru untuk mengganti template pada moodlenya.
D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya mempelajari sekaligus mengganti template moodle adalah kisaran 1 jam.
E. ALAT DAN BAHAN
- Laptop /PC
- jaringan internet
- File template moodle 

F. LANGKAH KERJA 

1. Masuk ke terminal dan masuk sebagai root dengan mengetikan sudo su dan password
2. Kemudian masuk ke direktori  download dengan perintah cd /Downloads/



3. Jika sudah masuk ke direktori download kemudian lihat file yang terdapat pada direktori download tersebut dengan perintah ls



4. kemudian tinggal extrack file yang masih format zip tersebut dengan perintah unzip (nama file yang akan diextrack)



5. setelah file terextrack kemudian copy filenya dari direktori download menuju direktori /var/www/html/moodle/theme, dengan perintah cp -a (nama file terextrack) /var/www/html/moodle/theme/



6. kemudian lihat filenya di direktori theme dengan perintah cd /var/www/html/moodle/theme.



7. kemudian lihat isi direktorinya dengan perintah ls



8. jika udah ada kemudian beri hak akses  dengan perintah chown -R www-data:www-data /var/www/html/moodle/theme/



9. kemudian masuk ke firefox dan ketikkan localhost/moodle pada URL
 


10. kemudia update moodle datanya



11. kemudian masuk ke site administration > appereance>theme>theme selector.




12. installasi selesai


 
G.KESIMPULAN 
Kesimpulan yang dapat saya ambil dalam installasi template moodle ini adalah ketelitian dalam mengcopy file template itu sendiri dan pada saat mendownload file templatenya pastikan bahwa file yang kita download memiliki versi yang sama karena bila tidak sama maka akan gagal dalam saat pergantian templatenya.
H. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/w/index.php?search=template+moodle&title
SEKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI..........
WASSALAMUALAIKUM WR.WB


0 komentar:

Post a Comment