Pages

SELAMAT DATANG DI BLOGGER SAYA

Labels

Video Of Day

Wednesday 28 September 2016

MENGINSTALL DAN UPLOAD BUKU SLIMS 8.3 AKASIA DI LINUX (Part 1)

 ASSALAMUALAIKUM WR.WB
SEMANGAT PAGI.......
Disini saya akan berbagi ilmu tentang   :

MENGINSTALL DAN UPLOAD BUKU 
 SLIMS 8.3 AKASIA DI LINUX


A. PENGERTIAN 
Slims senayan adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

B. LATAR BELAKANG 
Latar belakan saya menginstall slims senayan ini adalah karena saya ingin belajar bagaimana membuat perpustakaan berbasis web.

C. MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud dan tujuan saya menginstall dan upload buku pada slims adalah saya ingin belajar bagaimana membuat perpustakaan berbasis web.
D. JANGKA WAKTU
Jangka waktu saya menginstall dan Upload buku di slims ini kisaran 30 menit.

E. ALAT DAN BAHAN 
- Laptop /PC
- software slims8.3 

F. LANGKAH KERJA 
1. Masuk ke terminal sebagai root dengan perintah sudo su 
2. kemudian masuk ke direktori penyimpanan slims8.3 dengan perintah cd Download/. Karena file slims8.3 saya berada pada direktori download
3. kemudian pindah atau copy file slims8.3 ke direktori penyimpanan web server yaitu var/www/html dengan perintah cp -a slims8.3.zip /var/www/html
4. kemudian lihat pada direktori penyimpanan web apakah sudah tercopy apakah belum file slims8.3_akasia.zip. Dengan perintah list atau ls
5. Setelah itu extrack file dengan perintah unzip  slims8.3-akasia.zip 
6. Kemudian beri hak akses dan hak milik pada file slims8
7. Kemudian masuk ke browser dan ketikan localhost/phpmyadmin untuk membuat database untuk slims8 itu sendiri 

8. Kemudian masuk ke web slims8 dengan mengetikan url localhost/slims8 dan klik Let start The Installation






Installasi selesai kemudian upload buku ke slims8 

1. masuk sebagai library login yang berada pada menu opsi slim8 senayan

2. Setelah itu masuk ke menu BIBLIOGRAPHY dan ADD NEW BIBLIOGRAPHY
3. Masukan title buku
 4. Untuk upload file buku pilih file attenment

5. dan untuk menampilkan buku pada halaman ddepan jangan lupa pilih promote kemudian save
6. kemudian pilih menu OPAC untuk melihat buku yang diupload

G. REFERENSI
http://localhost/slims8/admin/index.php
https://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_(perangkat_lunak)

H. KESIMPULAN 
Kesimpulan saya pada saat menginstall dan upload buku pada slims8 ini adalah telitilah pada saat upload buku agar dapat terlihat pada halaman depan jangan lupa ganti opsi dont promote ke promote.Terima kasih
SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH
SEMANGAT PAGI........
WASSALAMUALAIKUM WR.WB

0 komentar:

Post a Comment